Jumat, 14 Februari 2014

Surat Untuk Sahabat



Kata orang, hari ini adalah hari kasih sayang. Namun bagiku, hari kasih sayang itu adalah setiap hari. Katanya hari ini sangat spesial, dan aku membenarkan hal tersebut. Hari ini adalah hari kelahiran sahabatku. Dia adalah sahabat terbaikku. Meski kami saling mengenal dalam jangka waktu kurang dari satu tahun.
Dalam kurun waktu yang tak lama itu, kami saling mengenal satu sama lain. Kebersamaan kami pun begitu erat. Kami saling menyimpan rahasia dan berbagi cerita.
Sampai akhirnya dia segera meninggalkanku. Dia pergi jauh sekali tanpa pamit kepadaku. Memang apalah arti sebuah pamitan jika hanya akan mengisahkan sebuah luka. Tapi kepergiannya sangat menyisakan tangisan haru.
Semua keinginannya terabaikan. Semua mimpinya terhapuskan. Segala tentangnya pun lenyap. Yang tersisa hanyalah sebuah kenangan memilukan.
Dia memang sangat baik hati. Sehingga ketika dia pergi, orang-orang memperbincangkan kepergiannya. Ketiadaannya meninggalkan sebuah rindu.
Tadinya aku yang akan pergi duluan. Aku sudah berniat untuk merencanakan sebuah percakapan tentang pengunduran diriku. Tapi waktu terlalu cepat memutuskan kalau dia yang akan pergi lebih dulu. Surat pengunduran dirinya lebih cepat disetujui.
Sebelum bulan Ramadhan, dia sudah sering tak masuk kerja. Dia memang mempunyai alasan untuk tidak bekerja. Setelah Ramadhan berlalu, kami masih bertegur sapa. Kami masih memperbincangkan kehidupan.
Namun, tepat tanggal 13 Oktober 2011, dia mulai menghilang. Keterlambatanku untuk mencari tahu alasan mengapa dia berhenti menyapa menjadi sebuah sesal sesaat.
Alasan kepergiannya adalah meningitis. Sebuah penyakit yang baru kukenal karena dia mengalaminya. Setelah dia tiada, aku baru tahu kalau penyakit itu sangat berbahaya.
Selamat ulang tahun Villiani Nuddin. Semoga kamu tenang berada di sisi-Nya. Semoga doaku akan selalu menjadi teman setiamu di sana.



Nb: Jangan lupa kirimkan Al-Fatihah setelah membaca postingan ini! Terima kasih untuk yang berkenan mengirim satu surat untuk sahabatku!

0 komentar: